Metode Akupuntur untuk Atasi Stroke Ringan


Berikut Beberapa Metode Akupuntur untuk Atasi Stroke Ringan

Transient Ischemic Attack atau stroke ringan adalah hilangnya suatu fungsi saraf pada otak di waktu yang singkat karena penyumbatan pembuluh darah. Serangan iskemik ini harus dipahami. Otak sehat membutuhkan oksigen serta darah secara konstan dan kaya nutrisi dengan 100 miliar neuron dan untuk mencapai ini maka otak normal akan mendapatkan aliran darah dari pembuluh darah setiap bagian pada otak. Iskemia dapat digambar seperti putusnya suplay darah karena terhambatnya aliran darah. Penyumbatan ini terjadi karena pembekuan darah dengan adanya timbunan plak kolesterol di pembuluh arteri yang menuju bagian otak. Gejala stroke ringan ini tidak lebih dari 24 jam.

Dari 20% orang yang telah mengalami gejala stroke ringan akan mengalami stroke dalam tiga bulan setelahnya. Gejala ini cukup bervariasi dan tergantung pada otak yang terserang. Stroke akan meminimalkan fungsi otak menjadi lebih ringan dan mempengaruhi fungsi kontrol gerak dan kognitif sehingga gejala menjadi cukup parah. Gejala stroke ringan ditandai dengan kesulitan dan bingung untuk memahami perkataan orang, mulai mengalami gangguan penglihatan seperti kebutaan salah satu maupun kedua mata, rabun dan penglihatan menjadi ganda, sakit kepala yang cukup parah, sulit untuk menelan makanan, bergerak dan berjalan serta sulit dalam mengatur berbagai koordinasi dari sistem gerak tubuh dan mengalami rasa kebas pada satu sisi tubuh dan lemah otot pada bagian kaki dan wajah lengan.

Berikut adalah cara memeriksa gejala stroke ringan diantaranya:

• Coba untuk meminta seseorang tersenyum, serangan non hemoragik akan membuat seseorang sulit senyum dan mulut sulit digerakkan sehingga tidak terlihat simetris.
• Minta seseorang mencoba untuk mengangkat kedua lengan dan jika salah satu tidak dapat digerakkan maka mengalami stroke dengan jenis non hemoragik.
• Mintalah seseorang untuk dapat mengulang kalimat sederhana yang diucapkan jika sulit untuk dimengerti atau pengucapan menjadi tidak jelas.

Stroke ringan perlu diketahui perbedaannya dengan stroke pada umumnya. Walaupun mengalami stroke ringan seseorang diperlukan untuk ke rumah sakit sehingga akan mendapatkan penanganan jika stroke ringan kembali muncul dan menghindari stroke sebenarnya untuk dialami. Salah satu obat untuk stroke adalah dengan melakukan fisioterapi untuk dapat mengembalikan fungsi serta gerakan pada tubuh yang mengalami sakit, luka dan hilangnya kemampuan tubuh seperti semula. Akupuntur adalah salah satu yang digunakan untuk menyembuhkan dengan kondisi standar medis pengobatan stroke. Akupuntur yang menggunakan pengobatan tusuk pada kulit digunakan akan membantu pengobatan stroke ketika berada dalam masa pemulihan.

Berikut adalah manfaat fisioterapi stroke dengan akupuntur diantaranya:

• Mengatasi masalah pasien yang sulit menelan dibarengi dengan pelatihan menelan dan tusuk jarum ketika mengalami stroke.
• Mengatasi kekakuan otot pada bagian pemulihan spastisitas yang sangat baik terutama bila mengalami spastisitas setelah stroke dibagian siku, lutut dan pergelangan tangan.
• Membantu dalam penyembuhan pasca stroke dimana secara keseluruhan akan menjanjikan manfaat untuk segera dipulihkan.

Sebagai pasien perlu diketahui bahwa setelah melakukan metode akupuntur ini maka kemungkinan akan mengalami pembengkakan, memar, pegal dan nyeri dibagian tubuh yang telah ditusuk. Efek samping yang ditimbulkan jika jarum yang digunakan tidak steril sehingga pastikan jarum yang digunakan adalah sekali pakai. akupuntur untuk stroke dapat digunakan jika mengalami kelainan perdarahan, kelainan pada kekebalan tubuh, mengandung, dan telah mengonsumsi obat pengencer darah. Hal ini perlu diperhatikan dan dikonsultasikan dengan dokter sehingga tidak akan membahayakan kondisi pasien.

51 Views