Bagaimana Cara Kelola Website Online Shop Sendiri?


Di era digitalisasi seperti sekarang ini memungkinkan manusia berinteraksi secara luas. Tak hanya sekedar untuk saling komunikasi saja, akan tetapi juga menjadi sarana berbisnis dan bertransaksi.

Selama ini pelaku bisnis online memulai mengembangkan usaha mereka dari segala bentuk media atau sarana penjualan yang sifatnya adalah gratisan. Sebut saja diantaranya adalah media sosial, dimana dari sini Anda memang bisa melakukan langkah penawaran atau promosi mudah dengan update status disertai dengan gambar. Secara langsung mereka yang sudah berteman dengan Anda pastinya akan melihat informasi status tersebut, konsumen yang tertarik pastinya langsung membeli. Namun jika Anda hanya terpaku disini maka tak akan ada perubahan jumlah pemesan atau konsumen, bahkan bisa jadi jumlahnya akan semakin turun.

Untuk itulah kemudian banyak diantaranya yang mulai berpindah pada sebuah sarana penjualan yang lainnya, misalnya dengan bergabung bersama sebuah market place. Layanan ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan lapak gratis guna berjualan, namun tentunya ada persaingan dengan penjual lainnya yang menjual barang sama. Ingin lebih menguntungkan lagi, maka bisa membuat sebuah toko online dengan memanfaatkan vendor pembuat website yang berbayar, tak masalah keluarkan uang asalkan Anda juga dapatkan keuntungan yang setimpal. Apalagi dalam perkembangannya ia tak hanya bisa menjadi sarana berjualan, melainkan juga promosi, memperkenalkan produk baru Anda dan berbagai kepentingan lainnya yang berkaitan dengan peningkatan omzet penjualan Anda.

Sebuah website atau toko online tentunya juga tak akan banyak pengunjungnya, tanpa dibekali dengan beberapa hal berikut ini, diantaranya adalah:

1. Meskipun menjadi sebuah website atau toko online, maka jangan semata-mata konten yang Anda masukkan ke dalamnya terbatas pada barang yang dijual atau informasi produk, tak akan ada yang menarik dari sini, berbeda dengan tambahan artikel-artikel, sehingga mereka tak bosan melihat barang jualan saja, melainkan diselingi informasi yang lebih bermanfaat.

2. Berikan gambar yang menarik, agar tingkat penjualan menjadi semakin tinggi, maka gambar adalah kuncinya, karena konsumen sendiri tak melihat barang secara langsung, mereka hanya tau sebatas dari gambar saja. namun hendaknya gambar yang dipasang adalah hasil jepretan sendiri, hindari memasang gambar yang terlalu banyak editan, karena kesannya barang tak sesuai dengan gambar.

3. Pasanglah informasi secara lengkap, khususnya adalah yang berhubungan dengan kontak dan juga alamat, ini sebagai salah satu bentuk untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis online yang Anda jalankan tersebut.

4. Dukungan SEO, ia adalah sebuah teknik yang digunakan untuk mengoptimalkan sebuah website, sehingga nantinya rating tak akan terpuruk di halaman belakang, melainkan bisa sampai ke halaman depan pada sebuah mesin pencari. Website yang dibekali dengan SEO ini biasanya menerapkan banyak sekali hal, mulai dari segi konten hingga backlink, Anda bisa memanfaatkan sebuah vendor seo service agency yang profesional untuk mendukung hal ini.


Tak mudah memang mengelola toko online sendiri, jadi bisa memanfaatkan beberapa jasa yang dapat membantu Anda, namun juga harus ada pengeluaran tambahan.